5 Cara Memulai Bisnis UKM
Bisnis

5 Cara Memulai Bisnis UKM bagi Pemula

Cara memulai bisnis UKM tidaklah serumit yang dibayangkan. Kebanyakan orang berpikir harus mempunyai modal besar ketika hendak membuka bisnis. Padahal usaha bukan semata soal modal berupa uang. Ada hal-hal lain yang patut untuk dipertimbangkan terutama oleh pebinis pemula. Inilah beberapa cara memulai bisnis UKM bagi pemula.

 

1. Menyiapkan Modal

Sejatinya modal yang harus disiapkan ketika awal membuka usaha tidak perlu besar. Bahkan tanpa modal pun Anda dapat memulai usaha. Sebagai contoh, menjadi dropshipper suatu produk atau mengikuti program affiliate. Akan tetapi, bila mempunyai modal lumayan Anda dapat memanfaatkan serta mengelola dana tersebut sehingga bisnis pun berjalan lancar.

 

2. Memilih Lokasi yang Tepat

Membuka bisnis UKM secara offline membutuhkan kejelian memilih lokasi. Anda perlu melakukan survei tempat terlebih dahulu. Kunjungi beberapa tempat yang Anda rasa memiliki prospek yang bagus. Perhatikan kondisi lingkungan dan pikirkan kira-kira lokasi tersebut cocok dengan usaha Anda atau tidak. Cari tahu juga lewat pedagang setempat mengenai keadaan lokasi tersebut. Termasuk bagaimana lika-liku mereka berjualan di sana. Jangan langsung mengambil keputusan. Pastikan pula lokasi yang Anda pilih strategis dan mudah dijangkau pembeli.

 

3. Persiapan Mental

Usaha tak selalu berjalan mulus terlebih di awal-awal berdiri. Orang yang belum mengenal produk Anda tentu tak langsung mau menjadi pelanggan. Mereka butuh diyakinkan. Oleh sebab itu, Anda perlu membangun kepercayaan di hati pembeli. Jika perlu buatlah strategi penjualan seperti memberikan potongan harga atau produk gratis untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Kebanyakan pebisnis pemula tidak dibekali dengan mental yang kuat. Tatkala mendapati sepi pembeli, langsung loyo. Saat melihat dagangan tak laku sudah patah semangat hendak menyerah. Jika telah bertekad menjadi pebisnis maka siapkan mental Anda menerima segala kondisi. Taklukkan tantangan yang ada di depan mata.

 

4. Awali dari Satu Usaha

Supaya bisnis UKM Anda berjalan lancar sebaiknya awali dari satu jenis usaha. Tepis keinginan membuka beberapa jenis usaha sekaligus. Fokuslah mengembangkan satu usaha terlebih dahulu hingga mencapai keuntungan yang diharapkan. Anda pun akan lebih mudah mengelolanya.

 

5. Pemilihan Bidang Usaha

Anda harus mengetahui alasan memilih sebuah bidang usaha. Apakah karena Anda ahli di bidang tersebut? Atau bidang usaha itu tengah naik daun? Pikirkan matang-matang sebelum memilih bidang usaha tertentu. Bekali diri dengan keterampilan yang dapat menunjang usaha Anda. Sebagai contoh, Anda memilih bidang usaha kuliner. Artinya Anda harus mempunyai keterampilan memasak yang memadai, di samping juga senang melakukan eksplorasi resep menjadi menu baru yang mungkin saja layak jual. Sebaiknya pilih bidang usaha yang Anda senangi dan kuasai sehingga tidak terlalu sulit dalam menjalankannya.

 

Cara memulai bisnis UKM untuk pemula tidaklah serumit yang dibayangkan. Beberapa langkah di atas bisa Anda coba sebelum membuka usaha baru. Semoga sukses dan usaha Anda semakin berkembang, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.